Batu Penuh Bintang

Dingin. Udara kota Batu bersuhu rendah. Dinginnya sudah membuat saya bersin berkali-kali. Meskipun bukan yang pertama, bermalam di tempat ini selalu berkesan. Ya, P4TK PKn IPS yang mempesona. Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk, nyaman dan dikelilingi pegunungan. Wajar jika udaranya dingin. Kalau malam tubuh serasa menggigil.

Kembali singgah di tempat ini setelah setahun yang lalu. Kali ini dengan kegiatan berbeda, bimbingan teknis kepenulisan satu guru satu buku. Aih, saya jumpa lagi dengan penulis produktif sekaligus motivator, mas Eko Prasetyo dan CEO Media Guru, Pak Ihsan. Malam spesial.

Meriam telah ditembakkan tepat ke jantung para guru. Yah, Pak Ihsan dan mas Eko menghujani kami peserta bimtek dengan meriam kata-kata. Sarat motivasi. IMG_20170814_074107_HDRPilihan diksi yang tepat sehingga mendongkrak semangat. Yah, memang malam yang luar biasa. Mereka berdua layak diacungi jempol. Membekali saya sebuah mimpi menjadi penulis hebat malam ini.

Bukan sebuah kebetulan. Tuhan pasti sudah menuliskannya di lauhul mahfuz. Bahwa saya bertemu dengan guru-guru hebat dari berbagai daerah di Indonesia. Malam yang dipenuhi mimpi para guru. Atau malah baru tersadar dari tidur panjangnya. Guru harus punya karya. Hidup hanya satu kali, jadilah guru penulis hebat. Mungkin begitulah ajakan mas Eko.

Guru Indonesia jutaan jumlahnya. Tetapi karya yang dihasilkan dalam bentuk tulisan sangat minim. Wajar jika program yang digaungkan dengan sebutan Sagusabu menjadi andalan memacu guru untuk menulis. Saya ingin menjadi bagian dari program ini. Malam ini menjadi tonggak mewujudkannya. Peluang sudah terbuka!

Tidak salah, jika hari ini dimulai sebuah pelatihan sebagai kawah candradimuka bagi  guru. Pantang mengeluh. Tulis saja apa yang dirasa! Saran yang bagus dari pak Joko yang katanya saudara jauh sekali dari presiden kita, Jokowi.

Kota Batu menjadi saksi sejarah tekad saya. Langit Batu malam ini tanpa bintang. Bintang-bintang itu ada dalam ruangan ini, gedung Krakatau. Ya, bintang-bintang itu adalah guru Indonesia yang ingin mewujudkan mimpinya menulis, satu guru satu buku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s