Sampaikanlah Walau Hanya Satu Tulisan

“Ballighu ‘annii walau aayaah”

Kebaikan atau lebih tepatnya kebenaran dapat datang dari mana saja. Salah satunya dating dari seseorang yang berprofesi guru. Profesi ini sangat mungkin memberitakan kebaikan atau kebenaran lebih banyak dari pada profesi lain. Oh ya? Ya, karena sesungguhnya guru adalah penyampai kebaikan. Guru adalah profesi yang paling dekat dengan hadits yang disabdakan Nabi selain ulama.

Penyampaian berita kebenaran pada zaman digital ini sangat mungkin pula dapat dilakukan oleh guru. Guru tidak boleh tertinggal oleh siswanya atau profesi lainnya. Guru harus melek digital. Guru tidak boleh buta IT. Media yang tepat untuk menyampaikan ide, pandangan-pandangan, berkaitan dengan profesinya adalah blog.

Lho, mengapa harus blog?

Blog merupakan media digital yang mudah untuk dibuat oleh siapa saja termasuk guru. Syaratnya harus melek digital tentunya. Bisa kita bayangkan jika setiap guru dapat menyampaikan kebaikan dalam bentuk tulisan diblog pribadinya. Tentunya akan banyak tulisan guru setiap harinya yang dapat kita baca.

Sekian juta guru di Indonesia setiap harinya menulis satu topik yang berkaitan dengan ketertarikannya. Betapa kayanya khasanah keilmuan bangsa ini. Setiap hari jutaan tulisan bertebaran di dunia maya yang dapat dibaca oleh siapapun lintas teritorial. Tulisan-tulisan tersebut dapat menjadi sumber informasi yang membuka wawasan berfikir. Selanjutnya mungkin muncul diskusi-diskusi terhadap paparan yang disampaikan dalam tulisan tersebut dan seterusnya.

Guru-guru menjadi produktif. Ilmunya menjadi berkembang dan menebar kebaikan kepada banyak orang. Satu tulisan menumbuhkan beribu bahkan berjuta kebaikan lainnya. Efek yang ditimbulkannya sangat luar biasa. Dahsyat!
Efektif jika masyarakat sudah terbiasa membaca. Dahsyat karena efek yang ditimbulkannya dapat merangsang pembacanya untuk berfikir. Pada akhirnya bangsa ini menjadi bangsa pembaca, produktif dan kreatif. Yah, mimpi ini akan segera terwujud jika guru menyadari betapa pentingnya menulis.

Jadi, tidak berlebihan tulisan ini saya beri tajuk sampaikanlah walau hanya satu tulisan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s