Serunya Ulangan Online

Ujian berbasis komputer (Computer Based Test) akhir-akhir ini sedang naik daun. Sesungguhnya tes dengan berbasis teknologi komputer ini sudah cukup lama digunakan oleh sebagian lembaga pendidikan.

Dalam situs kemdikbud ujian berbasis komputer, terutama kaitannya dengan ujian nasional disebutkan bahwa :

Nah tren ini saya gunakan sebagai lompatan pembelajaran kepada siswa-siswa dengan mengadakan formatif tes dalam bentuk online. Ulangan seperti ini sebenarnya sudah saya laksanakan beberapa waktu lalu sebelum UNBK ramai dibicarakan. Namun karena sedang tren dan bukan ingin ikut-ikutan tetapi lebih kepada pemanfaatan teknologi yang ada, maka saya mencobanya.
FORMATIF TEST1

Proses kegiatan ini saya tentukan materi dan waktu mengerjakannya. Aplikasi yang saya gunakan untuk pembuatan soal online kali ini dengan ispring. Biasanya menggunakan wondeshare quiz creator, tetapi saya mencoba dengan aplikasi sejenis agar lebih banyak sumber pembuatan soal online.
Untuk mengontrol kegiatan ulangan ini karena dilakukan dirumah, saya menggunakan medsos yang populer dikalangan siswa, yakni line. Selama waktu yang ditentukan line menjadi alat komunikasi efektif mengontrol dan mengkomunikasikan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan tersebut.
Hasil ulangan yang dikerjakan siswa langsung terkoneksi dengan email saya. Karena memang saya setting seperti itu untuk mengetahui rincian ulangan selain waktu mengerjakannya.
uh1
result test yang terkirim via email

uh2

Ulangan yang seru karena selama waktu yang disediakan kami terus berkomunikasi mulai dari kendala seperti mendownload soal sampai pengiriman hasilnya, mengirim foto result testnya via line dan sampai tangisan (ditandai dengan emotion via line) karena nilainya dibawah standar, yakni 75.
uh3
Siswa mengirim hasil ulangan via line
uh4
rincian jawaban siswa dapat dilihat dalam bentuk file pdf
5 thoughts on “Serunya Ulangan Online

  1. mantap pak, coba buat ulangan online sendiri dengan wordpress pak..contohnya bisa dilihat di web saya
    ulanganjawa.com
    pake pluggin dan bisa diatur per siswa, jadi siswa yang bukan kelasnya tidak bisa mengerjakan soal dari kelas lain…

    Liked by 1 person

Leave a Reply

