Memanfaatkan LINE dalam Belajar Ekonomi

Screenshot_18

Kini aplikasi LINE telah menjadi salah sau aplikasi yang akrab dengan masyarakat, teutama dikalangan anak muda. Genre yang ngetrend, gaul dan aplikasi teknologi yang “simple” membuat anak muda menggandrunginya. LINE menjadi salah satu aplikasi berbasis teknologi informasi yang pantas diacungi jempol ditengah persaingan aplikasi sejenis seperti washup dan lainnya.

Screenshot_17 Screenshot_16 Screenshot_14

Dalam proses belajar mengajar mungkin tidak salah jika sesekali kita, para guru mencobanya sebagai alat bantu merringankan tugas seorang guru. Tulisan kali ini saya mau berbagi pengalaman soal pemanfaatan LINE sebaga media komunikasi dalam proses belajar mengajar di kelas. Ya, bukan kelas virtual juga sih. LINe saya manfaatkan sebagai media jarkom (jaringan komunikasi) dengan siswa-siswa untuk mengatasi salah satu tugas guru dikelas. Ya sebatas masalah tersebut. Penyebabnya kadalah karena hari itu saya mendapat tugas dari meakili sekolah untuk tugas lain dari SUdin Jakarta Selatan wilayah satu yang tidak bisa saya tolak. Tetapi saya menjadi kagum karena dahsyatnya LINE telah mencungkil semangat belajar siswa yang pada hari itu saya ajar.

Setting Awal

Saat masuk kelas saya memberikan tugas secara individual mengenai maslah ekonomi melalui situs pembelajaran Quipper School. Sebelumnya saya tidak terpikirkan untuk memberikan tugas kepada siswa kemudian mengontrolnya via LINE. Hari itu saya coba menggunakannya sekedar mengontrol aktifitas pembelajaran di kelas meski tanpa guru.

Anda dapa melihat kondisi kelas saat saya berada di luar jangkauan mereka. Untuk yang satu ini saya selalu mengedepankan positive thinking bahwa nereka siswa-siswa heba saya memang belajar.
199281979511992719795

Setting Akhir

Pada saat saya mengikuti acara yang diselenggarakan pemerintah daerah, sesekali saya mencuri kesempatan untuk berkomunikasi dengan siswa dan bertanya bagaimana aktifitas mereka saat jam belajar ekonomi. Komunikasi yang terjalin sangat lancar dan membantu saya mengontrol suasana kelas meskipun belajar jarak jauh. Hasilnya mereka saya wajibkan membuat laporan atas pekerjaan nya dengan mencapture pekerjaan mereka atau mengirimkan fotonya.

Untuk hasilnya saya sangat mengagumii kepercayaan yang saya berikan telah mereka manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Anda dapat melihat laporan tugas-tugas mereka di bawah ini.

Screenshot_12Screenshot_11 Screenshot_10


Screenshot_9Screenshot_7
   Screenshot_6\

Screenshot_5 Screenshot_4  Screenshot_2 Screenshot_1

LINE pada hari itu telah membantu saya memperlancar proses pembelajaran jarak jauh. Semoga guru-guru lain dapat memanfaatkan aplikasi LINE ini secara lebih tepat guna dari apa yang saya lakukan.  Selamat mencobanya dan tetap kreatif dalam mengembangkan media dan bahan ajar untuk majunya pendidikan Indonesia.

#guru-asyik-guru-kreatif

Leave a Reply

