#12 : Fenomena Sekolah Gratis

Sekolah gratis telah berjalan lebih kurang 3 tahun sejak dicanangkan oleh mantan gubernur Provinsi DKI Jakarta, Fauzi Bowo dan diteruskan oleh gubernur terpilih Jowo Widodo dan diestafetkan kepada Basuki Tjahya Purnama karena beliau terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia. Program yang sangat bagus dan sangat membantu warga negara Indonesia. Sampai pada hal ini (sekolah gratis untuk semua) tidak masalah sesuai dengan tujuannya.

2015-06-29 09.47.42 2015-06-29 09.47.54

Hari ini saya sengaja datang ke sekolah untuk melihat fenomena pendaftaran yang membludak pada gelombang kedua. Semua terlihat biasa-biasa saja dan penuh kewajaran. Kini tidak ada lagi warga masyarakat yang main belakang untuk masuk sekolah negeri. Salah satu sisi positif yang perlu diacungi jempol.

2015-06-29 09.48.04

Dahulu saat sekolah negeri masih berbayar, banyak orang tua yang menyembunyikan kekayaannya dari sekolah. Ada saja cara mereka mengelabui sekolah. Pernah suatu ketika, orang tua murid meminta keringanan biaya sekolah dengan penampilan yang sangat sederhana. Tapi ternyata, ia memarkirkan mobilnya di pangkalan APB. Untung saja ada salah satu karyawan yang melihat kelakuan orang tua murid ini. Jika pembagian raport sekolah lapangan sekolah kami lenggang dari mobil yang terparkir, paling-paling bisa dihitung sepuluh jari. Tapi ketika anak mereka melakukan konvoi kelulusan berdert modil berdatangan dan jenisnya bagus-bagus, ada yang atapnya dapat terbuka.

2015-06-29 09.48.57

Kini setelah sekolah gratis dicanangkan, tanpa sungkan mereka datang dengan berbagai jenis mobil mulai yang buatan korea sampai buatan Amerika. Lapangan sekolah kami penuh oleh parkiran kendaran para orang tua murid. Lantas bagaimana tingkat persaingannya? Karena mengikuti sistem pasar, maka bisa jadi ada beberapa warga miskin yang kebetulan tidak memenuhi syarat tersingkir dari perebutan bangku sekolah negeri. Tepatkah sasaran sekolah gratis yang diprogramkan pemerintah? Belum lagi tingkat kepedulian orang tua murid terhadap anak dan sekolah (pendidikan) yang semakin berkurang semenjak sekolah gratis. Hal ini dapat menjadi bahan evaluasi baik pemerintah maupun anggota dewan. Selanjutnya terserah interpretasi pembaca.

Selamat menikmati puasa hari keduabelas, semoga berkah dan maghfiroh!

#guru-asyik-guru-kreatif

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s