#3 : Tancap Gas

Masih ingat bagaimana seorang teman mengaji disebuah ‘pondok pesantren yatim” menyebut sebuah mushollah dengan julukan “istiqlal”. Sebuah mushollah sederhana dipinggir jalan, dulu sangat khas betawi. Masyarakat sekitar banyak yang memilih sholat tarawih dimushollah tersebut dari pada dimasjid yang tidak jauh dari lokasi mushollah tersebut. Ya, saya baru sadar saat tahu alasan utamanya bahwa sholat tarawih di mushollah baba haji enak karena cepat jadi bisa istirahat dirumah lebih lama atau leha-leha cari angin segar bagi anak-anak mudanya. ah kenangan itu masih membekas meski sekarang jamaahnya sedikit tapi saya merrasakan lebih tenang sekarang dari pada saat masih kanak-kanak.

11246370_417479295103057_4081189324198376069_n

Terbayang betapa tergopoh-gopohnya sholat tarawih yang jumlahnya 20 rakaat dengan 3 witir! Makmum bairu takbir, imam sudah selesai membaca fatiha. Makmum baru mau membaca fatiha, imam sudah mengajak ruku, baru membaca tasbih sekali, imam selesai ruku, baru bangun ruku, imam sudah meluncur sujud dan seterusnya. Suasana seperti itu sekarang sudah tidak dijumpai lagi, mungkin karena sebagian dari imam sudah menyadari pentingnya tartil dan tumakninah yang benar. Atau bisa jadi yang lain ……

Tarawih tancap gas seperti itu bisa jadi di beberapa daerah masih ada, tidak terkecuali di ibukota kita, Jakarta. entah siapa yang mengajarkan tarawih ngebut seperti itu, faktanya sejak saya kecil sudah ada. Bahkan mungkin usia kebiasaan tarawih ngebut lebih tua dari usia saya yang berkepala empat. Rasanya tidak etis saja berbicara dengan Alloh dengan model tarawih seperti itu. Coba anda bayangkan, kita berbicara dengan yang lebih tua dari kita meminta sesuatu tetapi dengan intonasi ngebut, kira-kira orang tua kita marah tidak? Selanjutnya terserah anda menginterpretasikannya.

Hanya kenangan itu membekas berbarengan dengan bayangan wajah-wajah sahabat kecil yang kini sudah tidak lagi ditemui. Semua sudah menyebar entah kemana menyusur kehidupannya masing-masing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s