#2 : Melatih kemampuan literasi

2015-06-18 19.30.47

Malam ini mendapat barisan tidak terlalu bagus, hampir deretan paling belakang. Malam kedua di tempat yang berbeda tapi masih dalam teritorial yang sama, karang tengah Lebak bulus.

Semangat literasi yang ditunjukkan oleh pendahulu, para cendikia muslim sangat hebat, patut dijadikan teladan bagi generasi kini yang peduli terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Kemampuan memahami gejala alam, sosial dan lingkungan hidup pada generasi cemerlang beberapa abad yang lalu menjadi kunci keberhasilan cendikia muslim menjadi pionir atas ilmu pengetahuan yang kemudian dilanjutkembangkan oleh para ilmuwan Barat. Yah, kemampuan literasi mereka sebenarnya tidak lain karena keyakinannya kepada firman-firman Alloh yang disampaikan melalui Rasululloh.

Alqur”an sebagai pijakan utama setiap muslim dalam menjalani hidup ini menantang kemampuan literasi pemeluknya untuk selalu menggali potensi pengetahuan manusia terhadap lingkungannya. IA mengajak keinteletualan manusia untuk mengkaji, memperdebatkan dan mengaplikasikan apa yang difirmankan menjadi sesuatu yang disebut ilmu pengetahuan dari berbagai aspek. Mulai dari kejadian dirinya (manusia) yang diciptakan secara gradual mengajarkan kepada kita tentang penciptaan yang luar biasa yang akhirnya memunculkan ilmu kedokteran. Penciptaan makhluk hidup yang berpasang-pasangan, mengajarkan pada kita bahwa ternyata tumbuhan pun berpasang-pasangan.

Tidaklah salah jika sebagian dari firmanNYA mengajak manusia yang telah memproklamirkan dirinya beriman kepada Yang Maha Satu, untuk berpikir. Kunci utama literasi adalah mengajak berpikir atas segala sesuatu yang telah diciptakan Allah di muka bumi ini.

Malam ini ditutup dengan renungan yang mendalam tentang kemampuan berpikir saya tentang segala hal, terutama memahami alqur’an. Baru sampai alif!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s