Cipoa

Kosa kata yang berasal dari serapan bahasa tiongkok (china) sangat familiar saat saya masih remaja. Barangkali karena lingkungan saya tinggal terdapat komunitas etnis ini sehingga serapan kata ini begitu merakyat. Selain itu bagian dari keluarga kamipun sebagian menikah dengan etnis ini. 

Cipoa selalu diteriakkan oelh kami dan teman-teman sepermainan jika ada seorang teman yang berbohong. Pun, saat seorang wanita yang diselingkuhi oleh demenanya. “Ah, elu sih dicipoain tuh sama si Jupri, Ida! begitu seloroh Jamilah ketika mendapati temannya dibohongi oleh demenannya.

unnamed (1)

Konsep cipoa merupakan polah laku yang seringkali dilakukan oleh kita, manusia, baik sadar atau tidak sengaja. Cipoa dilakukan tentu dengan berbagai motif atau modus guna melancarkan niat seseorang. Sumpah deh, ente juga pernah kan bercipoa ria! Coba kita lakukan sehari tanpa cipoa, rasakanlah apa yang terjadi!

Apa pentingnya kita membahas tentag cipoa hari ini? Kenapa bukan harga-harga yang melambung tinggi sebagai hubungan kausalitas antara harga BBM yang beranjak naik tanpa prediksi. Atau trendinng topik mengenai pemblokiran situs-situs dakwah Islam oleh rezim penguasa. Saya meminjam istilah seorang pemimpin negerinya sakuntala : Bukan Urusan Saya!

Kebiasaan cipoa tanpa disadari akan menggerus karakter baik menjadi manusia yang gampang mendustakan sesuatu sekecil apapun. Setiap ada kesempatan manusia yang biasa melakukannya akan menjadikan cipoa sebagai senjata untuk mengatasi maslah yang dihadapi. Jika ini dibiarkan berlangsung dalam dunia pendidikan maka akan melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa yang fasik, culas dan menghalalkan segala cara. Tentu kita tidak ingin melahirkan generasi seperti itu bukan? Maka, sebagai guru penanaman sikap jujur  dimulai dari diri kita sebagai guru. Salah satunya kejujuran untuk mengakui keterbatasan penguasaan materi.

Cipoa merupakan virus yang berbahaya. Jika negeri ini diurus oleh aparatur negara yang sering menganggap cipoa sebagai hal biasa, tinggal menunggu waktu kehancuran Indonesia cepat atau malah melesat seperti kilat keruntuhannya. Seperti gempa yang menimbulkan gelombang tsunami kebangkrutan negeri ini tidak bisa dihadang bila cipoa dijadikan suatu kebiasaan.

Cipoa sebuah kata singkat yang dapat menghancurkan mental, martabat dan karakter bangsa dengat cepat! Yah, mari kita minimalisir kecipoaan kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s