Tebar Kebaikan Walau Hanya Satu Posting!

Pagi para blogger! Salam Kebajikan!

Hari ini saya iseng blogwalking kebeberapa blog rekan-rekan guru Indonesia. Takjub, merasa tertinggal jauh dengan kreatifitas mereka. Sebut saja guru blogger dari tanah Sumatera; Pak Tri Goesma, SEO nomor wahid Ustadz Yusrizal, atau di tanah jawa ada pak Subakri dengan blog ayo mendidiknya, di Madura ada pak Soleh dengan blog soleh mendidik  dan masih banyak deretan guru-guru kreatif yang menyalurkan kebaikan demi kebaikan di blognya masing-masing. Yah, mengapa tidak? Guru menyalurkan atau istilah saya dengan sebutan Calo Kebajikan kepada orang lain melalui blog. Jalan berbuat baik memang sangat banyak salah satunya via blog.

Jadi teringat falsafahnya motivator dan trainer nasional pak Dedi Dwigatama : Sampaikanlah kebaikan walau cuma satu posting! falsafah yang pas buat para guru.

Salah satu blogwalking saya hari ini menengok laman guraru.com yang telah lama saya tinggalkan. Yah sekedor melihat perkembangannya yang telah terabaikan. Tetapi masih banyak guru yang menulis di sana. Sayang memang! Dan, hari ini saya juga mendapat kejutan dengan seorang alumni TWC#4 yang telah menelurkan bukunya yang berjudul “Namaku Budi”. Luar Biasa, saya jadi terpacu untuk menyelesaikan naskah yang terbengkalai nih.

Screenshot_23

Kembali ke  konsep meretas jalan berbuat baik. Adalah tidak salah jika kita membuat blog untuk menularkan kebaikan. Bisa dibayangkan kalau ada 12.000 guru yang tergabung dalam keluarga guru sejuta ngeblog menuliskan ilmunya (kebaikan), maka akan ada 12 ribu kebaikan setiap hariya yang ditebar meskipun di dunia maya. Berbuat baik tidak boleh kan dihitung-hitung sudah berapa orang yang melihat blog atau tulisan kita. Seandainya juga mau dilihat maka anggaplah itu karena kebaikan itu bermanfaat bagi orang lain.

Oleh karenanya marilah kita tebar kebaikan tanpa batas wahai sahabat guru!

Mengapa pelu ngeblog atau menulis di dunia maya?

Tulisan yang kita buat siapa tahu memang banyak orang yang membutuhkan. tetapi ada atau tidak ada yang membutuhkan tulislah saja, bukan tidak mungkin sutau saat akan bermanfaat. Karena sesungguhnya menebar kebaikan adalah kebutuhan rohani kita, bukan untuk orang lain. Berbuat baik pasti akan berpulang kebermanfaatannya untuk orang yang berbuat baik tersebut.

Screenshot_24

Saya saat menulis sebuah tulisan sederhana presentasi menarik dengan prezi tidak pernah membayangkan akan dibaca oleh jutaan pembaca atau sekedar mampir melihat tanpa membacanya. Sebab saya tidak pernah menargetkan apa-apa selain menulis. Kini tulisan itu sudah tembus lebih dari 2 juta pembaca, dan hari ini sudah dibaca oleh 3.188 orang, saya ucapkan subhanalloh alhamdulillah tulisan saya nyatanya bermanfaat buat orang lain. Dan, ini yang mendorong saya untuk terus menulis, insyalloh akan saya jadikan sebuah buku agar lebih bermanfaat lagi untuk guru-guru Indonesia.

 

2 thoughts on “Tebar Kebaikan Walau Hanya Satu Posting!

Leave a Reply

