PRESENTASI MENARIK DENGAN PREZI

Salah satu daya tarik mengajar antara lain dengan performance penyampaian materi yang menantang, kreatif, dan penyajian yang didukung oleh software tidak ketinggalan jaman. Meskipun bukan jaminan peserta didik dapat memahami materi yang dipelajari tetapi paling tidak mereka tertantang untuk mengetahui dan selanjutnya memahami dengan benardan baik.

Model penyajian dengan presentasi memakai alat bantu seperti power point, flashplayer, video dan lain-lain. Salah satu software yang dapat membantu guru membuat presentasi lebih menarik adalah prezi.

Bagaimana membuat presentasi dengan prezi? Untuk membuat presentasi dengan prezi, langkah awal harus mendaftar terlebih dahulu di laman www.prezi.com.

Buatlah akun anda pada lman tersebut dengan melengkapi data yang diperlukan sepeti username, email dan password. Jika mempunyai akun facebook akan lebih memudahkan dalam proses signup.

perezi1

Pilihlah kolom Continu with public presentasion untuk yang bebas bea atau free charge. Jika anda ingin yang premiun tersedia tiga pilihan di bawahnya (lambang gembok terkunci). Selanjutnya anda mengisi biodata yang diperlukan seperti gambar di bawah ini :

MEMULAI MEMBUAT SLIDE PRESENTASI

1. Memilih Template

Jika telah selesai melakukan pendaftaran, anda diminta mengkonfirmasi melalui email anda. Untuk langkah ini anda coba membuka email sesuai dengan email yang didaftarkan dan melakukan konfirmasi. Langkah berikutnya adalah memulai membuat presentasi yang diinginkan.

Masuklah kembali ke laman prezi.com dan lakukanlah sign in. Setelah berhasil melakukan sign in akan tampak layar seperti gambar di atas (kebetulan gambar tersebut halaman muka akun saya). Pilihlah new prezi (kotak pertama).

Pada layar komputer anda akan tampak seperti gambar diatas. Prezi akan memberikan template pilihan yang lumayan beragam untuk pemula dan gratis. Silakan pilih dengan mengklik salah satu template kemudian klik use template.

Contoh salah satu template yang dapat anda pilih tampak pada gambar di atas.  Selanjutnya anda dapat memulai mengisinya dengan materi sesuai dengan yang diinginkan. Untuk memulainya, anda dapat mengawali dengan slide pertama (ada disebelah kiri yang berurutan dari atas ke bawah).

prezi2

2. Mengisi Materi

Ketiklah judul materi yang akan disajikan pada kolom “Cilck to add Title” .Langkah berikutnya adalah membuat materi di slide kedua seperti tampak pada gambar di atas. Jika kita ingin menyisipkan gambar, maka klik insert dan klik image. Jika anda menginginkan gambar yang sesuai dengan materi anda dapat memilihnya melalui file dikomputer anda atau dapat langsung mengambilnya dari google. Karena laman ini bersifat online jadi gambar bisa langsung ambil dri google, setelah anda temukan yang sesuai gambar tersebut dapat didrag (dipindahkan dengan menggeser gambar tersebut ke slide).

Penyimpanan pada laman ini secara otomatis jadi tidak perlu khawatir slide yang sedang anda kerjakan hilang.

Jika pada salah satu slide ingin menyisipkan film atau video, anda mengklik insert dan pilihlah video from youtube, maka akan tampil kotak seperti gambar di atas. anda diminta memasukkan kode link youtube.

prezi3

3. Menyisipkan shape

Jika kita ingin menisipkan shape atau simbol lain dapat juga anda menklik insert dan plihlah shape, akan muncul berbagai pilihan di sebelah kanan pada layar komputer anda.

4. Mengganti Background

Jika kita ingin mengganti background, anda dapat mengklik customize dan akan muncul berbagai pilihan warna yang dapat anda pilih.

5, Mengunduh Hasil Kreasi Presentasi

Mengunduh hasil kreasi yang kita buat dapat dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama anda klik gambar panah di bagian kanan atas dan pilihlah download as pdf, maka hasilnya nanti akan berbentuk file pdf. Cara yang kedua setelah anda klik gambar panah pilihlah download as portable prezi, maka hasilnya akan berbetuk rar atau zip. Kelebihan dari cara yang kedua kita akan mendapatkan file prezi lengkap.

prezi4Selamat mencoba, semoga bermanfaat! Contoh presentasi klik disini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s