Menikmati Rasa Bosan!

Wah nih buat judul yang enggak masuk akal, bosan kok dinikmati! Pada tahapan tertentu, kita sering mengalami kejenuhan yang luar biasa. Dan, kejenuhan atau kebosana dapat terjadi manakala kreatifitas menemui jalan buntu. Kreatifitas akhirnya teronggok dipojok ruang tempat berkumpulnya jutaan neuron. tidak mampu berkembang dengan baik atau bahkan layu sebelum berkembang.

befunky_artwork_Cartoonizer_2

Jadi sekali lagi, ini judul yang sama sekali tidak menarik untuk direnungi. Tapi saya berharap anda langsung melakukannya agar kebosanan tidak berlama-lama terbenam dipikiran kita.

Rasa Bosan Menyergap!

Mengapa terkadang atau bahkan sering kebosanan menyergap rutinitas kita? Apa yang menyebabkan “makhluk” yang satu itu pandai sekali mempermainkan keseharian kita hingga seseorang yang sempat terserang bisa jadi mati kutu, etos kerjanya rendah, kerja tak terarah, serba salah? Kapan kebosanan itu hadir menghantui kita?

Seringnya seseorang merasa bosan sesungguhnya lebih disebabkaan pada pikiran kita yang “teracuni” oleh kebosanan. Jika pikiran kita dibiarkan terkontaminasi dengan rasa bosan, jenuh, buntu akhirnya merambat pada suasan hati yang juga dilanda kebosanan. Artinya, buanglah jauh-jauh dipikiran anda kalimat bosan, jenuh atau setara dengan kalimat tersebut. Dengan membiarkan kalimat bosan mengendap dipikiran bawah sadar kita, sengaja atau tidak akan membiarkan kita terjajah oleh rasa bosan yang akhirnya mematikan kreatifitas kita.

Bagaimana mengatasi rasa bosan?

Menurut pengalaman saya, ada banyak cara untuk mengentaskan kebosanan dari rutinitas kita. Sebaiknya kita melakukan beberapa kegiatan berikut ini :

Pertama, bersyukurlah atas kenikmatan yang telah dianugerahkan Alloh Subahanahu Wataala kepada kita. Tips utama yang harus dilakukan oleh kita, apalagi jika anda seorang muslim. Wajib anda lakukan untuk mensyukuri segalanya atas hidup ini.

Kedua, cintailah pekerjaan anda. Memang pekerjaan yang kita lakukan saat ini bukan takdir, tetapi inilah jalan yang Alloh berikan pada kita. So, cintailah pekerjaan anda saat ini niscaya kita bisa menikmatinya dengan sepenuh hati dan jiwa raga.

Ketiga, tips ini rasanya perlu dicoba, menulislah. Nah, aktifitas yang satu ini layak anda coba. Saya sudah melakukannya, saat menulis tulisan ringan ini. Wah saya nggak bisa menulis, bang! Cobalah tulis apa saja tidak perlu terlalu banyak tetapi sudah mewakili pandangan, rasa dan empiris kita, sudah lebih dari cukup!

Keempat, bersenang-senanglah dan bermainlah seperti permainan kita saat masih kecil. Berlakulah seperti anda saat itu. Anda akan merasakan kesenangan yang luar biasa.

Kelima, melakukan aktifitas baru dengan lingkungan baru pula. Aktifitas ini akan membawa kita pada suasana baru yang menyenangkan, menantang dan menemukan sesuatu yang lain. Bisa jadi anda akan tertantang untuk menghasilkan sesuatu dari aktifitas tersebut. Anda akan menjadi lebih kreatif lagi.

Lakukanlah. Don’t worried be happy! Jadikan rasa bosan peletup kreatifitas!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s