SALAH MASUK, CUCI OTAK DAN MIMPI

Sabtu pagi entah kenapa saya melangkah ke sekretariat pascasarjana uhamka kampus Limau setelah mengurus sekolahnya Aisya.  Mungkin langkah yang dituntun Alloh buat saya. Inilah langkah yang akhirnya saya sebut “salah masuk”. Dan, ini salah masuk kedua kalinya di uhamka, yang pertama tahun 1988. Sampai akhirnya saya bertemu dengan orang-orang “edan” yang mampu menangkap saya, mencemplungkan ke dalam “kubangan” hingga menjadi yang seperti sekarang, sebut saja mereka orang-orang pinggiran berkualitas, tawadhu, dan kokoh dalam idealisme,

Akibat salah masuk, akhirnya kembali saya terjebak pada pintu kedua yang buat saya tambah salah masuk. pintu itu bernama penelitian dan evaluasi pendidikan. Ketika masuk, ruangannya luar biasa penuh dengan simbol-simbol statistik, retorika-retorika riset, logika-logika hipotesis dan ditingkahi oleh tarian filsafat (gile bahasa apaan nih, tambah pilon aja deh). Begitu agung sampai pencernaan saya lelah mengunyah dan tidak halus-halus untuk dijadikan vitamin otak.

CIMG0058

Belum genap 500 hari memang saya bersama kalian penghuni penelitian dan evaluasi pendidikan, kalian sudah bisa mencuci otak saya dengan segudang rencana riset walaupun sangat terbatas keilmuan riset saya. Ya, kalian para pemikir agung pemilik ilmu riset dan filsafat : Pemangku PEP uhamka : Prof. Ghani, Pakar Statistik Prof. Santoso, Prof, Munjannah, Dr. Eno, Dr. Galing, Pakar teori tes, Dr. Hari, dan Pengembang Instrumen yang sangat “good”, Dr. Bastari, ahli IT, Dr. Isfarudi, Ahli riset kuantitaif Prof. Sofyan , Qualitative Reseacher Prof. Syamsir, Dr. Yuli yang pandai sangat berfilsafat, Ayah prof. aminuddin yang terama agung ilmu pendidikannya, Prof Annah Pembimbingku yang bijak welas asih ga tegaan, yang bikin penasaran mengkaji psikologi pendidikan, and the king maker  Dr. kadir, bikin otak diaduk-aduk, terakhir Prof. Yusron yang mengajakku bernostalgia bersama Muhammadiyahnya. Anda semua mencuci otak saya! Otak yang sudah lama terkontaminasi untuk kembali jernih berfikir dan berilmu!

Dan, penghuni yang sepakat dengan sebutan PEP34 (boleh juga nih buat nomor seri mobil) semakin membuat hidup penuh warna. Komunitas orang-orang keren, super dan “garelo”. Kumpulan orang –orang yang dengan serba keterbatasannya mampu memenej waktu, tenaga, uang, dan kemauan mengejar mimpi. Yah, mimpi yang sama walaupun dengan latar niat yang berbeda. Beta so rindu baku dapa dengan kalian, pasti!

Kalian keren abis brosist!

CIMG0060

Tak perlulah kusebut namamu, cukup dalam setiap doa setelah sholat agar kalian bisa bareng bertoga ria, menghasilkan tesis yang baik (kualitas tergantung sudut pandang penguji yah!), sukses kita mewujudkan mimpi bersama setelah tiga semester berjibaku. Alloh bersama kita mewujudkan cita-cita, Ibu pintar from Indramayu, Ibu hebat from Bekasi, Ibu yang selalu ceria juga dari Bekasi, Duo Bunda from Depok, Ustadz “Turki” yag pendiam tapi brilyan, Penganten Baru yang keren, Ustadz jomblo from Ciputat yang strugle, Ustadz Haji Umroh yang penuh perjuangan from Bekasi (bagen deh). Pejuang-pejuang Muhammadyah dari Pamulang, bang pitung “prom” haji Kahfi, ciganjur.Anak-anak muda hebat penuh spirit yang luar biasa yang biasa duduk di barisan belakang, pakar riset from pasar kemis tangerang, juragan from Rangkasbitung, Ibunda yang tak kalah luar biasanya meski dengan keterbatasannya dari Slipi, Duo guru super from Tanjung Priok, Teman baruku from Toraja, Duo Ibu penuh bijak, senior yang perlu diteladani, Para ustadz dari Pasar rebo dan Jati Asih, Juga sahabat baikku, Ibnu, Ustadz dari Cikeas, dan sahabat NTT-ku, Johan kalian berdua pasti bisa mengejar mimpi yang telah digantung dilangit dengan cara super kalian.

Mari kita jaga semangat !

Advertisements

One thought on “SALAH MASUK, CUCI OTAK DAN MIMPI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s