Yeah, Pelajar Gaul Ngeblog!

Senin ini,  hari kedua belas di bulan Januari 2015, mencoba  embuat yang suasana baru dalam proses belajar di sekolah. Anak-anak hebat ini saya ajak melanglang buana di dunia tak bertuan, maya namanya. Yah, hari ini kami merantau di dunia yang sebenarnya bagi mereka tidak asing, sangat familiar, bahkan sayalah yang ketinggalan jaman.

Bosan dengan belajar mainstream! Maka hari ini kami belajar menumpahkan isi pikiran dan nurani via blog. Kelas super asyik, anak-anak gaul, X IIS 3 berselancar membuat tulisan dengan nama blognya masing-masing.   Alip yang berbodi sehat, asyik dengan blog puisinya yang diberi nama penyair gila. Walaupun saya belum blogwalking , saya yakin puisi-puisi yang dibuatya pasti mengundang decak kagum.

asyiknya bikin blog

Juga, ada axel yang punya tampang cover boy dengan nama blognya sesuai namanya axel girindra, Lihat saja foto di atas dua sohib ini axel dan Robertus serius membuat blog di wordpress.com.  Salah satu bintang yang potensial lainnya Marsella dengan blognya sellatilaar lagi asyik utak atik template dan menguplod gambar untuk header. Nah dia sudah lebih dulu membuat blog meskipun belum ada tulisannya suatu saat nanti akan membuktikan sella jago menulis.

Mengamati mereka sambil saya juga menulis kegiatan yang mereka lakukan, saya menjadi yakin bahwa talenta akan tergali seiring waktu.  Dan, saya berharap suatu saat nanti akan bermunculan penulis-penulis handal dari kelas asyik ini. Pengalaman ini akan menjadi pelajaran berharga buat saya, seorang guru yang banyak segudang mimpi bukan saja untuk pribadi tapi juga buat mereka sebagai jembatan masa depan generasi muda bangsa Indonesia.

Membangun Sikap Kritis Dari tulisan

Mungkin bagi mereka yang telah memulai beranggapan apa yang saya lakukan sudah tertinggal jauh, etapi buat saya apa yang saya lakukan hari ini adalah cara lain membangun sikap kritis mereka yang selama ini tidak tersalurkan melalui tulisan. Secara bertahap mudah-mudahan keberanian mengkritisi lingkungan, sikap dan kondisi sosial bangsa dapat mereka lakukan meskipun dari tulisan yang teramat sederhana dengan gaya bahasa seusia mereka.

Serius dan menantang untuk menulis

Kemampuan menulis bisa jadi adalah jembatan yang saya maksud untuk mereka selain menyalurkan bakat dan kreatifitas. Kami, saya dan dua orang guru bahasa Indonesia punya mimpi untuk tahun 2015 mencetak tulisan-tulisan mereka sebagai hadiah kepada sekolah dan orang tua, bahwa mereka berhasil membuat sebuah karya dari tempat mereka menimba ilmu. Doa dan sugesti dari segala penjuru kami harapkan agar mimpi ini dapat terwujud. entah bagaimana caranya semoga ada jalan!

Doakan kami yang ingin berkarya dan mempersembahkannya kepada sekolah tercinta!

 

Leave a Reply

