OLAH RASA, PETAKAN DAN TUANGKAN DALAM KATA

(Sebuah Resume Teacher Writing Camp 4 hari kedua)

Hari kedua Teacher Writing Camp ke 4 makin menakjubkan dengan kehadiran para penulis keren, hebat dan super. Sebut saja maria Margarehta, Guru sekaligus pendobrak metode mengajar yang kreatif, dan Pak Hernowo Hasim penulis buku-buku Best Seller serta pakar Ice Breaking kak Kusumo yang dengan sukarela jauh-jauh dating dari Surabaya untuk bertemu denga guru-guru super se Indonesia.

Mengawali pagi ini mendapatkan pencerahan yang luar biasa dari Ms. Maria Margaretha tentang pengalamannya menulis. Seorang guru yang mengajar di sekolah dasar tetapi mempunyai keinginan kuat untuk berkarya. Belajar dari kegagalan bukanlah hal mudah tetapi membagikan informasi mengenai kegagalan bukanlah hal tabu. Dengan membagaikan informasi kegagalan berharap orang lain belajar dari kegagalan kita. Maka, tulislah sebab akan menjadi jembatan informasi bagi orang lain.

Tulisan bisa jadi adalah ungkapan rasa. Membiarkan rasa yang kita alami terbuang percuma akan rugi. Aliran rasa itu akan menjadi arus deras dan membangkitkan energi jika didayagunakan dengan baik dan tepat. Maka, tidak salah kalau seorang guru yang profesinya tidak jauh dengan dunia tulis menulis untuk emncurahkan pengalamannya dalam bentuk coretan-coretan penuh makna. Berbagi rasa yang dipublish kepada orang banyak adalah hal baru tetapi bukan tidak mungkin akan muncul kejutan-kejutan yang tidak pernah kita duga.

Pasti dalam memulai sesuatu yang baru ada saja hambatan. Mendobrak hambatan tersebut sangat mudah jika kita mau. Ada testimoni seseorang yang pandai memanfaatkan waktu setelah sholat subuh. Mengapa? Alasannya karena subuh adalah waktu yang baik karena pikiran masih jernih sehingga membuat tulisan mengalir dengan mudah. Begitu salah satu tips yang disampaikan Miss Maria dengan renyahnya dan penuh semangat. Ms. Maria telah banyak menghasilkan tulisan-tulisan yang berawal dari rasa yang diasah melihat di sekitarnya.

Selain rasa, adalagi tips menulis yang disampaikan oleh The Best Writer Mr. Hernowo Hasim yakni membuang pikiran (free writing), membaca dengan mendalam (Deep Riding), dan memetakan kata (technical clustering). Dalam sesi ini peserta diajari bagaimana memetakan kata dalam mind mapping sehingga dapat merangkai kata-kata tersebut dalam sebuah kalimat atau judul yang mampu mengundang orang untuk membacanya. Sessi yang mengasyikkan karena peserta diajak beradu cepat menemukan kata dan menuliskannya dalam bentuk peta konsep. Luar biasa!!!

Dan, sesi yang paling menyenangkan adalah materi yang disampaikan oleh Kak Kusumo. Pakar ice breaking ini melatih peserta bagaimana teknik memcah kejenuhan dalam proses belajar mengajar. Keceriaan dan kelucuan yang mengundang tawa memecahkan suasana siang yang sudah mulai melelahkan kembali mencair setelah menerima materi yang cukup berat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s