Ibu Kembali Ke rumah

Mengaca pada kondisi kekinian generasi muda Indonesia yang sebagian besar, terutama diperkotaan mengalami kekurangan vitamin kasih sayang, penulis sekedar menerka sandaran kebijakan pemerintah untuk mengurangi jumlah jam kerja bagi wanita.

Fenomena yang terjadi di hampir sebagian besar keluarga pekerja, ayah bekerja dan ibu turut membantu keluarga bekerja pula menunjukkan kurangnya perhatian orang tua terhadap perkembangan anak. Peristiwa akhir-akhir ini menunjukkan kurangnya perhatian dan kasih sayang orang tua di rumah berakibat fatal pada akhlak anak bangsa. Meskipun tidak seluruhnya benar kasih sayang orang tua terutama ibu menjadi pokok persoalan yang berimbas pada penyimpangan sosial dimasyarakat.

KARTNIAN

Ibu adalah madrasah awal anak. Jika kasih sayang seorang ibu berkurang apalagi sama sekali tidak diperoleh seorang anak dirumah wajar jika ia melampiaskannya di luar rumah. Kasus-kasus yang terjadi di sekolah terutama pada tingkat SMA, siswa-siswa yang bermasalah berawal dari kurangnya kasih sayang dan perhatian orang tua terutama ibu di rumah. Ada seorang siswa yang sulit sekali berkomunikasi dengan ayah bundanya. Pergi ke sekolah selalu telat, di sekolah selalu tertidur saat belajar, setelah didalami pengakuan anak yang mengejutkan adalah saat ia berangkat kedua orang tuanya belum bangun dan saat ia pulang ayah bundanya belum sampai di rumah,selalu pulang malam. Akhirnya, sudah dapat diduga yang terjadi!

Jadi, sangat wajar jika prhatian pemerintah lebih intens dan wajib menurut saya untuk mengeluarkan kebijakan gerakan Ibu Kembali Ke rumah meskipun hanya dengan mengurangi jumlah jam kerja wanita sebanyak 2 jam. Semoga dengan kebijakan ini dapat menggugah hati para orang tua bahwa perkembangan anak tidak boleh 100% disandarkan pada sekolah. Adalah salah besar jika orang tua menyalahkan pihak sekolah atas perkembangan kejiwaan dan sosial anaknya karena waktu disekolah pendek. Kewajiban atas perhatian dan kasih sayang lebih pada orang tua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s